Lantamal XII Ikut Gelar Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional 2023 Serentak di 78 Wilayah Satuan TNI AL Seluruh Indonesia

TNI140 Dilihat

Indocorners.com | MempawahTNI AL, Lantamal XII – Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Jadi Ke-78 TNI Angkatan Laut Tahun 2023, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII bersama masyarakat melaksanakan Program Kali Bersih (Prokasi) Nasional Tahun 2023, bertempat di Desa Parit Kebayan, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Selasa (05/09/2023).

Program Kali Bersih Nasional dilaksanakan secara serentak di 78 titik seluruh wilayah kerja Satkowil dan Satnonkowil TNI Angkatan Laut dengan melibatkan masyarakat setempat diseluruh Indonesia. Sementara itu, acara puncak dilaksanakan terpusat di Kali Cilincing Jakarta Utara yang dihadiri langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan Perwakilan dari Kemenko Marves, Kementerian LKH serta Wakasal, Pejabat Utama Angkatan Laut Wilayah Jakarta. Sementara itu tema kegiatan yang diusung adalah “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Dalam Sambutannya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., mengatakan bahwa perairan dan sungai merupakan sebagai salah satu sumber pendukung utama kehidupan flora dan fauna, dengan banyaknya manfaat yang dapat diambil dari keadaan sungai maka sudah selayaknya kita menjaga keberlangsungan ekosistem sungai sebagai tanggung jawab kita bersama. Untuk melestarikan warisan alam yang tak ternilai atas dasar kemanusiaan tersebut TNI Angkatan Laut terpanggil untuk mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup di sepanjang aliran sungai dari hulu sampai ke hilir di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke secara Nasional.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa terhadap pelestarian lingkungan hidup guna mendukung Strategi Pemerintah dalam pembangunan kesehatan, pemantapan ketahanan air dan ketahanan nasional yang telah ditetapkan sebagai salah satu pilar utama dalam mendukung upaya pembangunan dan yang berkelanjutan maka diwujudkan dalam melestarikan alam semesta dan lingkungan hidup yang ada di wilayah Nasional,” ucapnya.

“Melalui Program Kali Bersih ini marilah kita berkomitmen untuk membangun kepekaan terhadap lingkungan hidup, membuat kesempatan partisipasi masyarakat dan mengedukasi generasi muda tentang pentingnya konservasi air. Mari kita jadikan lingkungan sungai yang terjaga keindahan dan kelestariannya, wujudkan kejayaan Indonesia sebagai negara Nusantara yang berdaulat maju dan berkelanjutan. TNI Angkatan Laut peduli terhadap sungai karena kebersihan sungai ini bermuara ke laut, kegiatan ini untuk mencegah polusi yang dapat mengotori perairan kita,” lanjut Laksamana TNI Ali.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS mengikuti acara Program Kali Bersih (Prokasih) secara Nasional 2023 melalui Vicon yang dipusatkan di Jakarta.

Danlantamal XII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dalam hal ini Camat Jungkat Kabupaten Mempawah, Lurah, Kadus Parit Kebayan serta masyarakat setempat yang telah membantu terlaksananya kegiatan bersih-bersih sungai yang dilaksanakan secara serentak di 78 titik Satkowil TNI AL di seluruh Indonesia. Kegiatan ini, dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Ke-78 TNI Angkatan Laut Tahun 2023.

Dispen Lantamal XII/ Arsih 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *