Waka Polres Dharmasraya Pimpin Latihan Pra Operasi Ketupat Singgalang 2024

Daerah220 Dilihat

Dharmasraya.Indocorners.com –
Wakapolres Dharmasraya, Kompol Andri Nugroho Saputro, SE. SIK. MM, mewakili Kapolres AKBP Bagus Ikhwan, SIK.MH, memimpin Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Ketupat Singgalang 2024 di Polres Dharmasraya, sebagai bagian dari persiapan pengamanan menyambut perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M.Kegiatan tersebut digelar di Aula Mapolres Dharmasraya pada Selasa, 02 Maret 2024, pukul 09.00 WIB.

Turut hadir dalam acara ini para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek Jajaran Polres Dharmasraya, serta perwira dan bintara Polres Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Wakapolres Dharmasraya menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dia juga menyoroti urgensi dalam mengantisipasi dan menangani setiap kejadian yang mungkin timbul.

Wakapolres juga menegaskan pentingnya melaporkan dan memeriksa setiap hari di pos Pam Sungai Rumbai dan Pulau Punjung, serta perlu adanya sosialisasi mengenai surat keterangan dari Gubernur mengenai pembatasan angkutan jalan yang memasuki wilayah. Selain itu, dia juga menekankan perlunya perawatan terhadap seluruh perlengkapan dan peralatan, termasuk tongkat dan senter. Ujar Waka Polres.

Dalam paparan berikutnya, Kabag Ops Polres Dharmasraya menyampaikan tujuan dari Lat Pra Ops ini, yaitu untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Ops Ketupat Singgalang 2024 di wilayah Polres Dharmasraya. Dia juga menegaskan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan bagi personil yang terlibat dalam Ops Ketupat.

Ops Ketupat Tahun 2024 akan berlangsung selama 13 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 16 April 2024. Lokasi pos pam dan posyan akan meliputi Pospam Pulau Punjung, Pospam Sungai Rumbai, Pospam Masjid Agung, dan Posyan Gunung Medan.

Kasat Intelkam Polres Dharmasraya kemudian menguraikan berbagai macam ancaman gangguan yang mungkin terjadi dalam Ops Ketupat Singgalang 2024, termasuk faktor manusia, kendaraan, jalan atau prasarana, dan alam. Dia juga memberikan perkiraan lokasi pelaksanaan Takbiran Idul Fitri tahun 2024, yang mencakup 163 lokasi di wilayah Polres Dharmasraya.

Baca Juga  Pastikan Drag Race Porprov VI Berjalan Aman, Kapolres Cek Pengamanan Sirkuit di Puspem Kota Tangerang

Kasat Lantas Polres Dharmasraya melaporkan bahwa secara umum jumlah kejadian Laka Lantas pada Tahun 2022 dan 2023 mengalami peningkatan. Ops Ketupat Singgalang 2024 direncanakan akan berlangsung selama 13 hari, dengan wilayah Kabupaten di Jalinsum mencakup batas Sungai Rumbai Kabupaten Dharmaraya dengan Kab. Bungo, serta Pulau Punjung Kabupaten Dharmaraya dengan Kabupaten Sijunjung.

Paparan dari Kasat Binmas Polres Dharmasraya menjelaskan bahwa jumlah Bhabinkamtibmas mencapai 52 Nagari. Rencana kegiatan kesiapan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri meliputi door to door, sambang, membangun kesadaran masyarakat, dan memberikan himbauan.

Terakhir, paparan dari Kasat Samapta Polres Dharmasraya membahas pelaksanaan patroli Satgas preventif dari Sat Samapta yang telah ditetapkan untuk mencapai target patroli.( yr )

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *