Patroli Laut Dialogis, Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Ingatkan Nelayan Tentang Ilegal Fishing

Dki, Polri18 Dilihat

Indocorners.com | Jakarta – Satpolairud Polres Kepulauan Seribu melaksanakan patroli laut dialogis menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203 di wilayah perairan Kepulauan Seribu. Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas) di perairan tersebut.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, yang memimpin patroli ini, memberikan berbagai himbauan kepada nelayan yang ditemui selama patroli. Ia menegaskan kepada para nelayan untuk tidak melakukan ilegal fishing dan melarang keras penggunaan potasium serta bahan peledak untuk menangkap ikan.

“Kami mengingatkan kepada seluruh nelayan agar tidak melakukan ilegal fishing dan dilarang keras menggunakan potasium atau bahan peledak dalam menangkap ikan. Tindakan tersebut sangat merusak ekosistem laut dan dapat membahayakan keselamatan,” ujar AKP Dasiman.

Selain itu, AKP Dasiman juga mengingatkan para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk yang sering terjadi di perairan Kepulauan Seribu. Ia menekankan pentingnya menyediakan life jacket dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di atas kapal untuk menjaga keselamatan saat berada di laut.

“Kami juga menghimbau para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk. Pastikan kapal dilengkapi dengan life jacket dan APAR untuk mengantisipasi keadaan darurat. Keselamatan harus menjadi prioritas utama,” tambah AKP Dasiman.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Dasiman mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika menemukan kejadian-kejadian menonjol atau mencurigakan di wilayah perairan. Dengan adanya laporan dari masyarakat, pihak kepolisian dapat lebih cepat bertindak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di perairan Kepulauan Seribu.

“Laporkan segera kepada kami jika ada kejadian atau aktivitas mencurigakan di laut. Kerjasama dari masyarakat sangat penting untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Patroli laut dialogis ini disambut baik oleh para nelayan dan masyarakat pesisir yang merasa lebih aman dengan kehadiran polisi di perairan. Upaya ini diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut dan mematuhi aturan yang berlaku. (Bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *