Kabid Dinas Kebudayaan pariwisata Pemuda Dan Olah raga Dharmasraya hadiri Pembukaan Festival Tari Kariasi dan Kuliner Nusantara Dharmasraya tahun 2024

Daerah162 Dilihat

Dharmasraya Indocorners.com – Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera barat Jefrinal Arifin, SH. Msi secara resmi membuka acara Festival Tari Kreasi dan Kuliner Nusantara Dharmasraya Tahun 2024 bertempat di Km 4 Nagari Sungai Kambut kecamatan Pualau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Fetival ini akan di galar selama dua hari di meriahkan oleh group Darak Badarak. Sabtu 15/06/2024.

Hadir dalam kesempatan ini Kadis Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olah raga kabupaten Dharmasraya dalam hal ini diwakili oleh Kabid Yusradi S.sos.MM.Datuk BagindoTantuah , anggota dewan Prov Drs Syafruddin Putra Datuk Sangguno , kepala Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat Supriadi ,SE. Msi , Asmawir salah seorang tokoh masyarakat Dharmasraya yg berdomisili di Jakarta, Camat , wali Nagari dan tamu undangan lainnya.

Kadis Jefrinal Arifin Mengucapkan terimakasih kepada Drs Syafrudin Putra Datuk Sangguno  terselenggaranya kegiatan ini atas kepercayaan beliau menempatkan dana Aspirasi pokok pokok pikirannya di Dinas yang saya pimpin. Ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan peluang pemuda pemudi kita untuk berkeriasi dan berkriatif dan juga dalam rangka pembinaan kita dari dinas kabudayaan prov sumatera barat terkait  seni dan budaya.

Sementara itu Kabid Dinas kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olah raga kabupaten Dharmasraya Yusradi.S,sos. MM. Datuk BagindoTantuah menyampaikan, permohonan maaf atas ketidakhadiran Kadis Budparpora Sutan M.Taufik.SE.MM karena dalam waktu yang sama mengikuti Zoom meeting tentang penetapan Cagar Budaya Candi Pulau Sawah sebagai Cagar Budaya tingkat Nasional.

Selanjutnya yusradi sangat berterima kasih kepada anggota dewan propinsi Sumbar Datuk Sangguno sesepuh kami di Dharmasraya sudah menempatkan pokok pokok pikiran di kampung halamannya sendiri. Sebagai masyarakat dharmasraya kami merasa sangat bangga, Semoga Datuk selalu sehat dan masyarakat Dharmasraya masih membutuhkan Dt memberi nasehat nasehat dan masukan untuk Dharmasraya yang lebih maju walaupun datuk tidak menjabat lagi nanti.

Ucapan terimaksih kepada Dinas kebudayaan propinsi atas terlaksananya kegiatan semoga dengan acara ini dapat membangkitkan minat generasi kedepannya untuk mengetahui jati dirinya sendiri khusus yng berhubungan dengan acara yang di selenggarakan ini.

Kabid juga mengatakan kepada datuk Sangguno dan dinas kebudayaan Prov bahwsanya kabupaten Dharmasraya sekarang sudah memiliki Perda Pelestarian adat dan pemajuan kebudayaan kabupaten Dharmasraya, hal ini berkat komitmen pemerintahan daerah melalui bupati kita  Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah nya masing masing.

Drs Syafruddin Putra Datuk Sangguno merasa bangga dan terharu melihat antusias masyarakat Dharmasraya dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ambil bagian, sebanyak 26 group seni tari ikut berkompetisi terdiri dr semua kelompok usia dan juga Kuliner ada lebih kurang 20 kelompok UMKM yang menyajikan kue kue dan masakan masakan yang tidak ada kita temukan di daerah lain.
Seperti Sambal tanak , Langkitang , kabau kabau , rendang Paku, kue Kacumui, godok, pisang kopik dll.

Dengan ada nya acara ini ternyata banyak potensi potensi yang perlu di gali kembali, mudah mudahan setelah ini masih ada anggota dewan baik prov atau Kabupaten yang Perduli dengan kegiatan khusus seni budaya dan kuliner ini,supaya tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman, pungkasnya.( yr )

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *