oleh

Satreskrim Polres Tanah Datar, Bongkar Illegal Loging Di Bukit Mantobak

-Daerah, Sumbar-12.080 views

Tanah Datar -IC| Berawal dari adanya laporan masyarakat tentang adanya kegiatan penebangan pohon tanpa izin di kawasan bukit mantobak jorong galanggang Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,tim gabungan polisi dan dinas kehutanan bergerak menuju lokasi dan mengamankan salah seorang yang diduga sebagai pelaku penebangan liar dan tiga orang lainnya melarikan diri, Senin (25/01/21) lalu.

“Pelaku berinisial RS (43) warga Jalan Pacuan No. 4 RT/RW 002/001 Kelurahan Kubu Gadang, Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh,” ungkap Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnama melalui Kasubag Humas AKP Desfiarta, dalam pers rilisnya, Kamis (28/01/21).

lanjut Desfiarta,sebelum dilakukan penangkapan terhadap pelaku, awalnya anggota Polsek Tanjung Emas memperoleh informasi dari masyarakat bahwa adanya giat penebangan di Kawasan Hutan Bukik Mantobak, dan selanjutnya melakukan berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Tanah Datar dan Dinas Kehutanan guna menindaklanjuti informasi tersebut.

“Setelah dilokasi, tim menemukan berbagai jenis kayu olahan yang siap angkut. Dan berdasarkan hasil penyelidikan tim dilapangan, bahwa aktivitas penebangan tersebut dilakukan oleh RS (43) dan dibantu dengan 3 orang Operator Sainsaw. Namun saat datang ke lokasi, 3 operator tersebut berhasil melarikan diri,” sebut AKP Desfiarta.

Ia menerangkan, karena lokasi penemuan kayu berada di wilayah hukum polsek Lintau Buo Utara, maka tim bekerja sama dengan anggota polsek setempat untuk melakukan pengamanan terhadap pelaku RS dan dari hasil penangkapan itu, tim menyita sebanyak 1,8 kubik kayu siap angkut.

“Saat ini pelaku sudah diamankan dan kepada Pelaku di sangkakan pasal 82 ayat (1) huruf b UU No.18 thn 2013 tentang Pencehagan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun penjara,” pungkasnya.(hm/01)

Baca Juga  Kepala Madrasah Kabupaten Agam Gemilang Raih 10 Terbaik dari Kanwil Propinsi Sumatera Barat 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed