oleh

Berawal dari Informasi Warga, Tambang Emas Tanpa Izin (Illegal Mining) di Tanah Datar Berhasil di Bongkar

-Daerah, Hukum, Sumbar-14.052 views

Tanah Datar – IC| Satreskrim polres tanah datar bersama jajaran polsek Sungai Tarab menangkap 3 (tiga) orang,ar(40),ah(51) dan ees (37) di duga pelaku penambangan emas tanpa izin (Illegal Mining) dikawasan bukit sibumbun ,nagari rao-rao, kecamatan sungai tarab,Willayah Hukum Polres Tanah Datar, sabtu 23 januari 2021.

 

Kapolres Tanah Datar Akbp Rokhmad Hari Purnomo melalui kasubag humas Akp Desfiarta,menyampaikan rilis pers kronologis penangkapan, yang di duga pelaku Illegal mining di wilayah hukum polres tanah datar.

 

Berawal dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat, bahwa ada aktifitas penambangan emas tanpa izin (Ilelefal mining)di bukit sibumbun,jorong carano batirai,nagari rao-rao,kecamatan sungai tarab kabupaten tanah datar.

 

Selanjutnya satreskrim polres tanah datar dan polsek sungai tarab menelelusuri lokasi penambangan dan menemukan 3 (tiga) orang ar(40),ah(51)dan ees(37) ketiganya ber-KTP Jakarta dan Bandung ,terduga pelaku yang sedang melakukan aktifitas penambangan dengan cara melakukan penggalian menggunakan mesin gelondongan serta mesin pemecah batu,diperkirakan sudah mencapai kedalaman ± 15 (lima belas) Meter.

 

“Pengungkapan ini berdasarkan informasi masyarakat, di daerah Carano Batirai ada lokasi tempat dilakukannya aktivitas tambang emas Ilegal,kemudian satreskrim polres tanah datar bersama jajaran polsek sungai tarab menuju lokasi tambang tersebut menemukan 3 (tiga) orang ,yang sedang melakukan aktivitas penambangan dengan menggunakan mesin gelondingan dan pemecah batu” ungkap AKP Desfiarta,kamis 28 januari 2021

 

Selain penggunaan mesin, pelaku juga menggunakan zat kimia dalam operasi penambangan tersebut.

 

“Selain itu, terduga pelaku juga menggunakan bahan kimia berupa, HCL (untuk menangkap kandungan emas), Nitrit (untuk menangkap kandungan emas), Gel Indikator (untuk melihat kandungan emas yang ada pada bebatuan),”jelasnya

 

Pelaku kemudian diamankan ke Mapolres Tanah Datar,untuk di proses lebih lanjut, kepada pelaku dapat dijerat dengan Pasal 158 UU No. 3 Tahun 2020 perubahan Tenang UU No. 4 Tahun 2009 tentang Tindak Pidana MINERBA.(hm/re-01) .

Baca Juga  Pemakai dan Bandar Shabu Di Ringkus Petugas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed