Peserta Didik MAN Tanah Laut Torehkan Prestasi Nasional

Daerah43 Dilihat

Tanah Laut.Indocorners.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanah Laut kembali menambah deretan prestasi yang sangat membanggakan pasalnya dua orang peserta didik dari madrasah itu menyabet juara bergengsi tingkat nasional mewakili provinsi Kalimantan Selatan. Tak banyak orang mengetahui bahwa dua pelajar itu berangkat mewakili Kalsel untuk unjuk kebolehan di Pemilihan Putera Puteri Pelajar Indonesia (PPPI) 2024 di Jakarta setelah mengikuti serangkaian seleksi dan pembinaan didaerah, sehingga mereka dinyatakan lolos untuk menjadi peserta PPPI mewakili banua.

PPPI yang digelar selama empat hari dimulai tanggal, 24-27 Juni 2024 dihadiri utusan dari 30 (tigapuluh) provinsi se-Indonesia. Jika dilihat dari rundown acara, telah ditentukan dua hari untuk pembekalan materi dan literasi seputar kepariwisataan, etika, kepribadian, public speaking, teknik catwalk, koreografi dan lainnya, kemudian dua hari berikutnya para peserta ditampilkan untuk dinilai kemampuan fashion dan koreografinya, karena tampak masing-masing peserta terlihat tampil menggunakan kostum formal, jas dan kebaya di sesi final dan ganti kostum lain saat semi finalnya pada hari yang sama atau hari ketiga. Selain penampilan peragaan oleh para peserta, diselipkan pertanyaan-pertanyaan untuk masing-masing peserta seputar materi yang dipelajari sebelumnya.

Kemudian dihari terakhir atau hari keempat, di grand final para peserta menampilkan masing-masing keahlian atau bakat yang dimiliki untuk dipertontonkan seperti menari dan sebagainya. Demikian pula, kedua peserta dari Kalsel menampilkan tarian tradisional Dayak dan menggunakan kostum adat Dayak Kalsel, sungguh penampilan mereka berdua memukau para dewan juri dan penonton yang memenuhi ruang tersebut, sebab selain itu juga pakaian mereka terlihat unik dan estetik. Hingga pada akhir acara, para dewan juri menentukan keputusan pemenang untuk kategori putera kepada Akhmad Nurdin Ryzkiyandi (Kiki) sebagai nominator Juara Terbaik Pertama mengalahkan posisi peserta lainnya dan kategori putri, yaitu Fetty Fazriaty (Ati) sebagai Juara Busana Adat Daerah Terbaik. Nurdin dan Fetty ini merupakan peserta didik MAN Tanah Laut, langsung dibawah asuhan dan bimbingan Dr. Dian Rifia Jaya, S.Ag., M.Pd sekaligus juga menjabat sebagai Kepala MAN Tanah Laut.

Tak heran Kiki dan Ati masuk peringkat nasional di ajang PPPI 2024, karena pengasuh dan pembimbingnya merupakan salah satu tokoh wanita hebat yang memiliki banyak keahlian dan kemampuan dibidang seni dan lainnya. Bahkan beberapa waktu lalu, beliau baru menyelesaikan program doktoral (S.3) di Universitas Islam Nusantara Bandung. Selamat untuk Kiki dan Ati. (iy@nborneo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *