oleh

Pertempuran Laut Aru 1962 Torehkan Tinta Emas Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Indocorners.com |Jakarta, –  Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Retiono Kunto mengikuti prosesi Upacara Tabur Bunga di Teluk Jakarta dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera di atas geladak KRI Semarang 594, bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf Komando Armada I Laksma TNI Eko Jokowiyono di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (15/1/2022).

Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera 2022, diawali penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, kemudian melaksanakan pelarungan karangan bunga oleh Inspektur Upacara diikuti tabur bunga oleh para undangan.

Selaras dengan semboyan TNI AL Jalesveva Jayamahe yang berarti Justru di Laut Kita Jaya, peringatan Hari Dharma Samudera mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu dan sekaligus menginspirasi generasi muda bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan nusantara dengan menyadari bahwa laut adalah sumber kekayaan bangsa yang harus dikelola dengan baik dan diperjuangkan kedaulatannya.

Pertempuran Laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 januari 1962 merupakan peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut yang ditunjukkan pelaut-pelaut kita di bawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso. Sebagai Prajurit Laut, Yos Sudarso menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Sifat rela berkorban, pantang menyerah dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.

Peristiwa tersebut, menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia oleh prajurit-prajurit laut dalam menegakkan kedaulatan NKRI sehingga setiap tahunnya tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera.

Bs/Dispen Kolinlamil

Baca Juga  Dukung Program Pemerintah TNI-Polri Gelar Vaksinasi Massal di Wilayah Semper Jakarta Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed