oleh

Lagi lagi Dua tersangka penyalahgunaan BBM Bersubsidi diamankan Petugas

-Daerah, Hukum, Sumbar-25 Dilihat

Indocorners.com  l  Dharmasraya – Penyalahangunaan BBM  Bersubsidi  kembali terungkap di Wilayah Hukum Polsek  Kecamatan Sitiung kab Dharmasraya Sumbar 0

 

Tim gabungan Polres kabupaten Dharmasraya berhasil mengamankan tersangka penyalahgunaan BBM Bersubsidi jenis Solar pada dini hari Jumat 09/09/2022.

 

Dua (2 ) orang pelaku diamankan oleh anggota  Satreskrim  bertempat di Jorong Taman Sari Nagari

Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Tersangka berinisial K  berumur 52 tahun Suku Minang dan DF berumur 40 Tahun Suku Jawa , Menurut pengakuan  tersangka K dia adalah Pemilik penimbunan BBM tersebut.

 

Sedangkan DF berperan sebagai Pelangsir BBM. Modus Operandi Pelaku dengan cara membeli minyak jenis minyak Solar yang di subsidi oleh Pemerintah . Kemudian dipergunakan untuk kebutuhan industri serta diperjual belikan. Pelaku

menimbun minyak bersubsidi di perkarangan rumahnya ,tanpa memiliki legalitas penggunaan minyak yang disubsidi oleh pemerintah.

 

dalam perkarangan rumah tersebut ditemukan ada Jerigen, tedmond  dan drum yang diduga berisikan BBM jenis solar. Dari tersangka dapat kan pengakuan ternyata bahan bakar minyak jenis solar tersebut dibeli dari Tersangka Inisial DF kemudian anggota Tim Gabungan Satreskrim Polres Dharmasraya lalu melakukan pencarian terhadap DF dan terhadap DF di amankan di rumah nya yang beralamat di jrg. blok a piruko Kenagarian Sitiung kec. Sitiung selanjutnya 2 orang pelaku dibawa ke Polres Dharmasraya guna dilakukan upaya hukum lebih lanjut.

 

Dalam prihal ini Kapolres kab Dharmasraya Nurhadiansyah SIK  menyatakan bahwa akan menindak tegas setiap penyimpangan dan penyalahgunaan BBM subsidi.

 

Sebagai Barang Bukti dari  penangkapan,

Ada 11 (Sebelas) galon ukuran 35 liter yang tiap tiap galonnya berisikan bahan bakar minyak jenis solar lebih kurang 31 liter ,4 (Empat) galon ukuran 35 liter dalam keadaan kosong .1 (Satu)drum warna merah putih berisikan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak lebih kurang 186 liter. Dan 1 (Satu) Tedmon warna putih berisikan bahan bakar minyak jenis solar sebanyak lebih kurang 930 liter .

Baca Juga  Gelar Rakernis, Kadiv Humas Paparkan Tantangan Polri di Era Digital

Kendraan Roda empat  jenis Bak terbuka tanpa dilengkapi surat kendraan

juga kami tahan .

 

Kemudian tersangka dan barang bukti  tsb dibawa ke Polres Dharmasraya guna proses lebih lanjut dengan penerapan Pasal 55 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi yang telah diubah pada pasal 40 angka 9 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dengan ancaman 6 tahun penjara.

 

Polres pada kesempatan ini menghimbau kepada Masyarakat supaya menggunakan BBM bersubsidi sesuai peruntukannya , penggunaan BBM untuk industri dan perkebunan/pertanian harus sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku pemakaiannya.Tegas kapolres.”( yr )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.