Kabupaten Dharmasraya Salah Satu Destinasi Wisata Yang Banyak Menyimpan Khasanah Masa Lampau

Daerah312 Dilihat

Dharmasraya.Indocorners.com –
Dharmasraya adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin oleh seorang Bupati yang sangat muda dan Energik yaitu Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Seorang Raja yang berasal dari sebuah kerajaan bertempat di koto Besar yang berbatasan langsung dengan kabupaten Muaro bungo Prov Jambi.

Berkat tangan dingin Sutan Riska Bupati dua Priode yang juga ketua APKASI ( Asosiasi Pemerintahan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia ) ini, Dharmasraya berkembang pesat di berbagai bidang baik infrastruktur ataupun perekonomian masyarakatnya.Sehinga hampir sepanjang tahun Dharmasraya tidak pernah Absen meraih penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat.

Atas keberhasilan beliau dan kepiawaiannya dalam pengelolaan Pemerintah ini, kabarnya sekarang Sutan Riska didukung oleh tokoh tokoh Sumbar untuk maju dicalonkan menjadi Gubernur Sumatera barat di Pilkada mendatang.

Sebuah Negeri yang mempesona dengan keindahan alamnya yang memukau dan juga kekayaan budayanya. Dikelilingi oleh bukit Barisan yang hijau dan Sungai Dareh ( Sungai Batang Hari ) sungai yang beberapa abad yang lalu diketahui merupakan lalu lintas nya perdagangan kerajaan Melayu kuno.

Sungai yang membelahi Daratan Nagari Sungai Dareh dan Nagari IV Koto Pulau punjung ini, dihubungkan oleh Jembatan Kabel yang Megah,berdiri kokoh ditengah aliran Sungai . Tanahnya yang sangat subur dan masyarakatnya yang ramah siap menyambut para tamu yang datang , ianya pasti menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Dharmasraya juga dikenal dengan alamnya yang sangat menakjubkan. Dari perbukitan yang memikat hingga air terjun yang gemericik indah, setiap sudut kabupaten ini memberikan panorama yang memukau mata. Wisatawan dapat menjelajahi keindahan alam Dharmasraya dengan treking melintasi hutan yang rimbun atau menikmati keindahan sungai dengan berbagai aktivitas seperti Tubing atau Rafting.

Rasanya Kita tidak perlu jauh jauh ke Pulau Jawa untuk melihat peninggalan sejarah masa lampau yang juga saling bekaitan. Nama Dharmasraya juga ditemukan di Manuskrip Prasasti Padang Roco yang ada kaitan dengan kerajaan Majapahit, disini kita bisa mengunjungi Candi pulau Sawah yang tempatnya berdampingan.

Tidak hanya keindahan alamnya, Dharmasraya juga kaya akan warisan budaya yang tak ternilai. Konon kabarnya Kerajaan Dharmasraya merupakan Cikal bakal adanya dan berdirinya kerajaan Minang kabau di Pagaruyung Batusangkar. Dari rumah adat yang megah hingga upacara adat yang berwarna-warni.

Setiap unsur budaya di sini menceritakan kisah yang kaya tentang sejarah dan tradisi masyarakat Dharmasraya. Pengunjung dapat menyaksikan dan mengalami langsung kehidupan dan budaya masyarakat setempat melalui berbagai festival dan acara budaya yang diadakan secara bekala.

Untuk mempromosikan pesona Dharmasraya kepada dunia, berbagai langkah telah diambil. Melalui media sosial, brosur, dan kolaborasi dengan influencer, Dharmasraya aktif membagikan cerita-cerita menarik dan foto-foto memukau yang mengundang wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang dimiliki kabupaten ini yang juga dikenal bumi Mekar Ranah Cati Nan Tigo.

Dengan berbagai daya tarik alam dan budaya yang dimilikinya, Dharmasraya siap menyambut wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk merasakan keindahan dan keunikan yang hanya bisa ditemui di sini. Yuk, jelajahi Dharmasraya dan biarkan diri Anda terpesona oleh pesonanya yang tidak pernah terlupakan.( Ayri )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *