Jorong Jalikur Patanangan Gelar Khatam Al Quran Ke 39 dengan Penuh Meriah dan Sukses 

Dki, Sumbar35 Dilihat

Indocorners.com |Bagi sebahagian masyarakat Khatam Al-Qur’an merupakan kegiatan tahunan yang bersifat rutin dan seremonial, disisi lain sebagai wadah pendidikan moral dan syiar Islam dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta semangat maupun motivasi peserta didik.sehingga masyarakat setempat menggelar khatam Al-Qur’an sebanyak 19 orang peserta didik yang berpusat di MDA Al Firdaus Jorong Jalikur nagari koto tangah kecamatan Tilatang Kamang kabupaten Agam pada Sabtu (29/06/2024).

Jorong Jalikur sangat dikenal sebagai salah satu tempat karena keunggulan dalam melahirkan sejumlah Tahfidzul Qur’an dan ilmu lainnya termasuk kegiatan hari ini sangat antusias dihadiri beberapa jajaran forkopimca dari nagari koto tangah, tokoh, dan elemen masyarakat , termasuk orang tua yang khatam serta para undangan yang turut larut dalam kegembiraan penuh ukhuwah islamiah apalagi disambut musik nada dan irama rebana STQ Mushollah Firdaus menambah suasana semakin meriah dan hingar bingar.

” Berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat di kampung dan perantauan serta pihak lain dalam memberikan bantuan moril dan materil ” Ucap kepala jorong Jalikur saat dihubungi ditempat terpisah.

Jorong Jalikur ini sangat akrab disapa Jef, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk terus meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan memegang teguh nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak lupa Jef menyampaikan permohonan maaf kiranya dalam penyelenggaraan khatam Al-Qur’an ada hal kurang berkenan dan selalu mendoakan kegiatan berjalan aman dan lancar.

Demikian juga atas ketidakhadirannya secara penuh dalam acara karena keluarga besarnya tertimpa musibah meninggal dunia dan memohon doa keselamatan, ucap Jef penuh harap dan terlihat kesedihan di raut mukanya.

Liza Harti, seorang Pengasuh, pengajar, dan pendidik di TPA yang kesehariannya berprofesi sebagai Kepala TU di salah satu sekolah pondok pesantren , kegiatan ini juga juga memotivasi orang tua dan anak-anak yang belum selesai membaca Al-Quran

“Kegiatan Khatam Al-Qur’an bukan akhir dari kegiatan belajar melainkan harus terus memberdayakan diri dimanapun terutama nilai ajaran yang terkandung dalam Al-Quran terutama nilai akhlak” ucap Liza Harti penuh harap.

Salah satu tokoh masyarakat menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan penyelenggaraan khatam Al-Quran yang ke-39 semoga menjadi wadah dalam mencintai nilai-nilai Alquran dan syiar Islam seperti fenomena kenakalan remaja dalam akhlak.

Hendri orang tua dari Akmal meski sungkan tetap merespon, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh masyarakat, panitia , terutama guru , mereka semua telah berjuang dalam mendidik anak,

Sementara ketua panitia sangat sulit dihubungi dan memberikan respon terkait kegiatan ini meskipun sudah berusaha menghampiri sekian kali namun tetap mengelak dan menolak memberi keterangan, namun tim sangat menyadari.

Sebelum dilakukan acara puncak diawali dengan kegiatan arak-arakan menuju ibukota Kecamatan Tilatang Kamang yang diiringi musik Hadrah Rebana STQ Musholah Firdaus Jorong Jalikur dan drumband yang membahana di sepanjang jalan yang didampingi langsung oleh orang tua dan keluarga handai tilan dengan rasa haru dan bangga.

Tidak terasa letih lelah ditengah teriknya matahari karena rasa semangat dan bangga mengiringi ,mendampingi peserta khatam apalagi disambut hidangan makan Bajamba di talam penuh sensasi

YAMAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *