Fraksi PAN Sorot Pemuktahiran Data Masyarakat Penerima Bantuan

Indocorners.com | Tanah Datar – Demikian disampaikan Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pandangan Umum Fraksi dan Tanggapan atas Nota Penjelasan Bupati Tanah Datar tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021.

Juru bicara PAN Zulli Rustam, menyampaikan Pandangan Umum Dan Tanggapan Fraksi ini dalam sidang Paripurna DPRD Tanah Datar di Gedung DPRD Pagaruyung Selasa17 Mai 2022.

Lebih jelas disampaikan Zulli Rustam, masih banyak masyarakat Tanah Datar yang sebenarnya berhak menerima bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT, BLT, dan KIS serta PIP dan lainnya.

Tapi terhalang karena tidak terakomodir ke dalam pendataan orang miskin, yang disebabkan oleh data tidak berkala berkala oleh Bupati.

Menurut sepengetahuannya, data bisa dipulihkan sekali sebulan dengan adanya rekomendasi Bupati yang diajukan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk itu PAN mengharapkan pendataan kembali masyarakat Tanah Datar yang akan menjadi “penerima manfaat” bantuan baik yang bersumber APBD , APBD Provinsi, dan APBN.

Hal ini di samping mengakomodir pemutakhiran data penerima manfaat juga biaya untuk mencegah terjadinya kecemburuan sosial ditengah masyarakat Tanah Datar, menurut PAN mohon untuk ditindaklanjuti, ungkap Zulli Rustam.

Beberapa tanggapan lain sebelum nya juga disampaikan Zulli Rustam, seperti Pendapatan Asli Daerah (PAD), kualitas pembangunan fisik yang kurang menguntungkan masyarakat.

Mekanisme realisasi dana bantuan bersifat khusus, seperti Pokir yang dicairkan akhir tahun sehingga kegiatannya tidak dapat dilaksanakan yang berimbas anggarannya Silpa.

Kemudian masalah daerah perbatasan kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten/Kota tetangga yang diharapkan Partai Amanat Nasional segera diselesaikan, guna menghindari potensi konflik internal dan sehingga pembangunan didaerah tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Tanah Datar diketuai Benny Remon, Jasmadi Wakil Ketua, sekretaris Zulli Rustam, Alimuhar bendahara.

Sidang yang dipimpin oleh Wakil DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Didampingi Saidani serta seluruh anggota Fraksi di DPRD, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Asisten, Sekda, Forkopimda, Kepala OPD serta tamu undangan. (pic)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *