oleh

Cegah Stunting, Rustam Warga Nagari Padang Magek Rumahnya Direhab TPPKK Tanah Datar

Indocorners.com l Tanah Datar, Suatu Keberkahan bagi keluarga Rustam warga Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, pasalnya keluarga pra-sejahtera yang tiga orang anggota keluarganya juga mengalami cacat permanen ini menerima bantuan rehab rumah dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan Pak Rustam merupakan keluarga yang kurang mampu dan tinggal di rumah yang sangat sederhana, tidak memiliki sanitasi air bersih, hanya mengandalkan aliran air atau sungai di samping rumahnya untuk kebutuhan air bersih dan MCK.

 

Hal itu disampaikan Ny. Lise Eka Putra ketika mengantarkan bantuan biaya rehab rumah Pak Rustam tersebut, Senin (12/02) di Jorong Guguak Baruah Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan.

 

“Berawal dari anjang sana TPPKK ke kediaman Pak Rustam pada tahun 2023 yang lalu kami lihat kondisi rumah yang sangat memprihatinkan dan juga tiga anggota keluarganya mengalami cacat permanen dari situ kami TPPKK berinisiasi menggalang dana untuk rehab rumah pak Rustam ini, “ujarnya.

 

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra saat ini ketika kembali datang mengunjungi keluarga pak Rustam, Alhamdulillah rumahnya sudah terlihat bersih dan tapi, namun masih belum memiliki sarana air bersih dan MCK.

 

“Saat ini kita datang melihat kondisi rumah pak Rustam sudah terlihat lebih baik, karena banyak juga yang peduli, namun masih belum memiliki sanitasi air bersih dan tempat MCK sementara pemkab Tanah Datar terus berupaya mencegah dan menurunkan angka stunting, salah satu faktor penyebab stunting ini ya kurangnya sanitasi air bersih, dari itu kita dari TPPKK akan berusaha mambantu, “ucapnya.

Baca Juga  Yatim Bertanya Bupati Menjawab

 

Ny. Lise Eka Putra menyebutkan guna membantu keluarga pak Rustam ini dari upaya penggalangan dana yang mana sumbangan donasi dari Bupati Tanah Datar yang juga selaku Pembina TPPKK kabupaten Bapak Eka Putra sebesar Rp10.000.000,- Ketua TPPKK Rp10.000.000,- Pengurus TPPKK kabupaten Rp5.150.000,- terkumpulah sebesar Rp25.150.000,- yang hari ini langsung diserahkan kepada keluarga pak Rustam.

 

Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal yang mewakili keluarga pak Rustam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar Bapak Eka Putra, Ketua TPPKK beserta Pengurus TPPKK Kabupaten Tanah Datar yang telah berdonasi dan memberikan bantuan bagi keluarga pak Rustam.

 

Syafril Jamal katakan dari pemerintahan nagari bantuan-bantuan juga diberikan kepada pak Rustam, mengingat kondisi pak Rustam dan keluarga yang memang sangat memerlukan uluran tangan.

 

Terkait bantuan dari TPPKK ini dikatakan Syafril Jamal akan dipergunakan untuk pembangunan kamar mandi, WC, saptik tank, sumur gali dan tangki penampungan air bersih.

 

Pada saat tersebut Ketua TPPKK Ny. Lise Eka Putra juga memberikan bantuan sembako, berupa beras, telur, minyak goreng dan beberapa paket lainnya kepada keluarga pak Rustam.

 

Turut mendampingi pada saat penyerahan bantuan tersebut Camat Rambatan Roza Melfita, Forkopimca, Kepala Puskesmas Rambatan, Wali Jorong Guguak Baruah dan beberapa tokoh masyarakat.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *