Bupati Eka Putra Sampaikan Apresiasi ke Dinas Pertanian Saat Halal Bihalal

Indocorners.com l Tanah Datar – Dalam rangka mempererat jalinan silaturahmi antar sesama pegawai pada momentum hari raya Idul Fitri 1445 H, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, Jumat (19/4/2024) adakan halal bihalal.

Kegiatan yang digelar di kantor Dinas Pertanian tersebut selain dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawainya, juga dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Yusrizal.

Kepala Dinas Pertanian Sri Mulyani dikesempatan itu mengatakan bahwa halal bihalal ini dilakukan sebagai ungkapan terima kasih atas kerja dan kinerja seluruh jajarannya. Mulai dari penyuluh yang ada di lapangan sampai kepada pegawai yang bertugas di kantor.

“Akhir-akhir ini para penyuluh yang ada di lapangan dituntut bekerja ekstra untuk mengumpulkan data, terutama disaat ini banyak bencana melanda wilayah Kabupaten Tanah Datar. Kami harus segera mendata dan merekap kerusakan lahan pertanian milik masyarakat yang terdampak bencana alam akibat erupsi Marapi maupun banjir lahar dingin dan akibat air bah,” ujarnya.

Menurut Sri Mulyani, dari 14 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar semuanya terdampak bencana alam kecuali kecamatan Batipuh Selatan.

“Selama bencana data kerusakan yang telah kami rekap banyak lahan masyarakat yang terdampak, diantaranya lahan pertanian, lahan perkebunan dan hortikultura, serta ada juga satu ekor hewan ternak warga yang hanyut terbawa arus,” terang Sri Mulyani lagi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Eka Putra, Eka Putra menyampaikan ucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh jajaran pegawai Dinas Pertanian.

Saya selaku pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah mengucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah puasa yang kita jalankan selama Ramadhan tahun ini mendapat balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, aamiin,” ujarnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Luhak Nan Tuo itu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas Pertanian yang selama ini telah bekerja maksimal tanpa mengenal lelah dan libur.

“Saya tahu, karena tugas ada beberapa pegawai yang tidak sempat menikmati libur pada lebaran tahun ini, terutama yang bertugas di lapangan. Karenanya, Saya sebagai Kepala Daerah mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang tak mengenal lelah ini,” kata Bupati.

Bupati Eka Putra juga mengatakan bahwa data yang telah dihimpun oleh pihak Dinas Pertanian nantinya akan segera dicarikan solusinya, supaya masyarakat tidak menanggung kerugian akibat bencana alam yang menimpa.

Sebagai bukti nyata terhadap apa yang telah dilakukan oleh jajaran Dinas Pertanian dalam mendukung dan menyukseskan program unggulan daerah, tambah Bupati, adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tanah Datar berdasarkan data dari statistik.

Namun demikian, Bupati Eka Putra juga meminta agar jajaran Dinas Pertanian tetap bekerja serius terutama dalam menangani hama tikus yang merusak lahan pertanian masyarakat.

“Tolong sampaikan ke petani untuk ikut program asuransi tani, sehingga bisa mengurangi kerugian akibat hama tikus ini. Ini terbukti, karena beberapa waktu yang lalu kita juga telah menyerahkan klaim asuransi tani kepada beberapa kelompok yang mengalami gagal panen,” sampainya

Lebih jauh, Bupati Eka Putra juga berharap jajaran Dinas Pertanian mampu mencari solusi terbaik untuk mengatasi hama tikus yang sedang marak hampir diseluruh areal pertanian masyarakat.

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra mendoakan agar seluruh jajaran Dinas Pertanian selalu diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugasnya terutama yang bertugas di lapangan.

Sekali lagi, Saya mengucapkan terima kasih dan sampaikan juga ini kepada keluarga di rumah. Yakinlah apa yang kita kerjakan dengan ikhlas hari ini akan dibalasi oleh Allah SWT,” tukasnya. (prokopim – hp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *